Pengumuman
Home » Profil » Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok dan Fungsi

Berdasarkan Peraturan Daerah Peraturan Daerah Kota Palangka Raya Nomor 16 Tahun 2013 tentang perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Palangka Raya Nomor 07 Tahun 2011 tentang Organisasi dan Dinas Pendapatan Daerah ( Lembaran Daerah Kota Palangka Raya tahun 2013 nomer 16, Dinas Pendapatan Daerah Kota Palangka Raya merupakan unsur pelaksana Otonomi Daerah, urusan pemerintah bidang pendapatan dipimpin oleh seorang kepala yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretariat Daerah.
Tugas Pokok
Dinas Pendapatan Daerah mempunyai tugas melaksanakan urusan Pemerintahan Daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan dibidang pendapatn daerah serta tugas lainnya yang diberikan oleh Walikota.
Fungsi
Dinas Pendapatan Daerah mempunyai fungsi :
Dalam melaksanakan tugas pokok, Dinas Pendapatan Daerah Kota Palangka Raya mempunyai fungsi sebagai berikut :
1. Penyusunan program dan kegiatan dinas dalam jangka pendek , menengah dan panjang
2. Penyelenggaraan urusan tata usaha perkantoran yang meliputi urusan umum, keuangan dan urusan kepegawaian.
3. Perumusan kebijakan teknis bidang pendapatan
4. Penyelenggaraan kegiatan teknis operasional yang meliputi bidang pendapatan dan penetapan, bidang penagihan dan bidang retribusi dan pendapatan lain-lain.
5. Penyelenggaraan administrasi dan pelayanan umum kepada masyarakat dalam lingkup tugasnya.
6. Pembinaan terhadap unit pelaksana teknis sesuai dengan lingkup tugasnya.
7. Pelaksanaan koordinasi dengan unsur terkait lainnya dalam setiap penyelenggaraan kegiatan dinas.
8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 10 Tahun 2014 tentang Uraian Tugas Jabatan Struktural di Lingkungan Dinas Pendapatan Kota Palangka Raya terdiri dari :
1. Kepala Dinas
(1) Kepala Dinas Pendapatan daerah mempunyai tugas pokok merumuskan kebijakan operasional, mengendalikan, membina dan memberikan pelayanan teknis di bidang pendapatan/ penerimaan daerah, serta pembinaan administrasi pembukuan dan pelaporan secara terpadu bersama-sama instansi terkait sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku:
(2) Uraian tugas dimaksud ayat (1) adalah sebagai berikut:
a. Menetapkan program kerja dan kegiatan Dinas Pendapatan daearh sebagai pedoman dalam pelaksanakan tugas.
b. Memberi petunjuk kepada sekretaris , dan Kepala Bidang baik tertulis maupun lisan agar tugas dapat diselesaikan sesuai dengan Paraturan Perundang-Undangan yang berlaku.
c. Mengendalkan pelaksanaan kegiatan di bidang pendapatan daerah yang merupakan Pajak Daerah, berdasarkan Pedoman dan ketentuan yang berlaku.
d. Menyelenggarakan kegiatan di bidang pendapatan daerah.
e. Mengkordinir kegiaan sekretaris dan Kepala Bidang di Lingkungan Dinas Pendapatan Kota Palangka Raya sesuai petunjuk dan ketentuan yang berlaku.
f. Menyelengarakan kegiatan administrasi organisasi dan tatalaksana dinas Pendapatan daerah Kota palangka Raya sesuai petunjuk dan ketentuan yang berlaku agar tercapai hasil yang optimal.
g. Mengevaluasi perkembangan penyelenggaraan kegiatan dan program di bidang Pendapatan/ penerimaan daerah untuk menentukan skala prioritas dalam penyelenggaraanya dan program tahun berikutnya.
h. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
i. Melaporkan pelaksanaan kegiaan di lingkungan Dinas Pendapatan Daerah Kota Palangka raya berdasarkan kegiatan bawahan sebagai bahan masukan bagi pemimpin.
j. Melaksanakan tugas lain yang diberikan pemimpin sesuai bidang tugas.

2.1 Sekretaris
(1) Sekretaris mempunya tugas pokok memberikan pelaksanan administrasi kepada semua unsur dilingkup Dinas Pendapaan Daerah Kota Palangka raya meliputi administrasi umum, kepegawaian, keuangan , urusan perencanaan, evaluasi dan mengkordinir, SOP, RKA dan DPA Dinas Pendapaan Daerah Kota Palangka Raya.
(2) Uraian tugas dimaksud ayat (1) adalah sebagai berikut:
a. Menyusun program kerja/ kegiaan Skratariat Dinas Pendapatan Daerah Kota Palangka Raya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas.
b. Mengkordinaskan dan mendistribuskan tugas kepala Sub Bagian di Lingkungan sekratriat sesuai dengan bidang tugas masing-masing agar tugas-tugas dapat dilaksanakan dengan baik.
c. Memberi petunjuk kepada para Kepala Sub bagian di lingkungan sekratariat baik tertulis maupun lisan agar tugas dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlau.
d. Memeriksa dan mengoreksi hasil kerja para Kepala Sub bagian di Lingkungan Sekretariat sesuai dengan petunjuk agar tidak terjadi kesalahan atau kekeliruan.
e. Mengkoordinir penyelenggaraan administrasi kepegawaian meliputi proses usulan kenaikan pangkat, menyusun DUK, daftar Nominatif dan Forasi PS, Diklat PNS, Surat Ijin, Cut, sakit, serta menyiapkan dan merekapiulasi daftar hadir PNS.
f. Mengkoordiniar penyelenggaraan administrasi keuangan, perencanaan anggagran dan penyiapan dana serta pertanggungjawaban keuangan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
g. Mengkornir penyelenggaraan administrasi perlengkapan meliputi inventarisasi aset dinas, pemeliharaan barang, membuat usulan/ mengadakan ATK dan perlengakapan Rumah Tangga kantor serta Menyusun Rencana tahunan barang Unit (RTBU) sesuai ketentuan yang berlaku.
h. Mengkoordinir seluruh satuan organisasi di Lingkungan Dinas Pendapaan daerah Kota Palangka Raya dalam rangka menyusun RENJA, RENSRA, LAKIP,LKPJ,LPPD, Penetapan Kinerja, SOP, RKA dan DPA Dinas Pendapatan Daerah Kota Palangka Raya.
i. Memproses usulan pengangkatan/ pemberhentian Bendahara Pengeluaan, bendahara Penerima, P2BJ, P2HP, PPTK, PPK, Pengurus barang, Penyimpan barang di Dinas Pendapatan Kota Palangka Raya.
j. Mengkordnir penyelenggaraan urusan surat menyurat, rumah tangga, dan urusan lainnya yang belum diurakan pada bidang lain.
k. Mengkordinir penyusunan laporan berkala Dinas Pendapaan Derah Kota Palangka Raya dan Para Kepala Bidang.
l. Melaporkan pelaksanaan kegiaan di lingkungan Sekratris berdasarkan pelaksanaan kegiatan bawahan sebagai bahan masukan bagi pemimpin.
m. Melaksanakan tugas lain yang diberikan pimpinan sesuai bidang tugas.

2.2 Bidan Pendaftaran , pendatatan dan Penetapan
(1) Kepala Bidang Pendafataran, Pendataan dan Penetapan mempunya tugas pokok melaksanakan pendaftaran, pendataan dan penetapan besarnya Pajak Daerah.
(2) Uraian Tugas dimaksud pada ayat (1) adalah sebagai berikut :
a. Menyusun program kerja/ kegiaan Bidang Pendaftaran, Pendataan dan Penetapan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas.
b. Mengkorninasikan dan mendistribusikan tugas kepala Seksi di Lingkungan Bidang Pendaftaran, Pendataan dan Penetapan sesuai dengan bidang tugas masing- masin agar ugas-tugas dapat dilaksanakan dengan baik.
c. Memberi petunjuk kepada para kepala Seksi di Lingkungan Bidang Pendaftaran, Pendataan dan Penetapan baik tertulis maupun lisan agar tugas dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku.
d. Mengkorninir pelakanaan pendaftaran, pendataan dan penetapan pajak daerah.
e. Mengkoorninir pelaksanaan pendaftaran, pendataan dan penetapan wajib pajak . daerah serta menyusun kebijakan pengalian wajib Pajak Daerah serta menyusun kebijakan penggalian sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah.
f. Melaksanakan koordinasi dalam proses Pendaftaran, Pendataan dan Penetapan Pajak daerah dalam penetapan wajib Pajak Daerah.
g. Mengkordnir pelayanan informasi dan menyajian data pelaksanaan pendaftaran, pendataan dan penetapan wajib dan obyak pajak Daerah.
h. Memeriksa dan mengoreksi hasil kerja bawahan sebelum disampaikan kepada atasan.
i. Melaporkan pelaksanaan kegiatan di Lingkungan bidang pelakanaan pendaftaran, pendataan dan penetapan berdasarkan pelaksanaan kegiatan bawahan sebagai bahan masukan bagi pemimpin.
j. Melaksanakan tugas lain yang diberkan pimpinan sesuai dengan bidang tugas.
k. Melaksanan tugas lain yang diberikan pimpinan sesuai bidang tugas.

2.3 Bidang Pendapatan
(1) Kepala Bidang Pendapatan mempunai tugas pokok melakukan pembinaan , pengawasan dan pengendalian dalam menyelesaiakan penerimaan dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan penagihan pajak daerah serta memberikan pelayanan teknis secara terpadu dalam hal penerimaan dan pelaporan Dana Perimbangan dan lain-lain Pendapatan yang sah serta penyelesaian keberatan, banding & keluhan masyarakat.
(2) Uraian tugas dimaksud pada ayat (1) adalah sebagai berikut :
a. Menyusun program kerja/ kegiatan bidang Pendapatan dinas Pendapatan Daerah Kota palangka Raya sebagai pedoman dalam pelaksanan tugas.
b. Mengkoordinasikan dan mendistribusikan tugas kepada Kepala Seksi di Bidang Pendapatan sesuai dengan bidang tugas masing-masing agar tugas-tugas dapat dilaksanakan dengan baik.
c. Memberi petunjuk kepada para Kepala seksi di Bidang Pendapatan baik tertulis maupun lisan aagr tugas dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan-perundang- undangan yang berlaku.
d. Mengkoordinir pelaksanaan penagihan pajak daerah dan melakukan pembinaan terhadap penatausahaan administrasi Penerimaan Pajak Daerah, dana Perimbangan dan pendapatan lain-lain yang sah.
e. Melakukan koordinasi terhadap sumber-sumber Pendapatan daerah Instansi yang lebih tinggi baik dalam bentuk Dana Alokasi Umum (DAU) , Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Percepatan, Hibah dan Dana bagi hasil (DBH) untuk menyusun perencanaan dan pengembangan dana perimbangan dan lain-lain pendapatan daerah yang sah.
f. Menerima, meneliti, memeriksa dan memproses dan mengkoordinasikan penyelesaian pengajuan permohonan keberatan, banding dan keluhan masyarakat terhadap surat ketetapan pajak daerah.
g. Menyajikan inormasi pendapatan daerah secara tepat pada semua unit pelaksanaan secara terintegrasi.
h. Menyiapkan analisi terhadap sumber-sumber pendapatan daerah baik dari sekor Pajak daerah, Dana Perimbangan dan pendapatan lain-lain yang sah.
i. Memeriksa , megoreksi dan mengevaluasi hasil kerja bawahan sebelum disampaikan kepada atasan.
j. Melaporkan pelaksanaan kegiatan bawahan sebagai bahan masukan bagi pimpinan.
k. Melaksanakan tugas lain yang diberikan pimpinan sesuai bidang tugas.

2.4 Bidang PBB dan BPHTB
(1) Bidang PBB an BPHTB mempunyai tugas melaksanakan mengendalikan , dan mengkoordinasikan kegiaan pelayanan PBB dan BPHTB.
(2) Uraian Tugas dimaksud pada ayat (1) adala sebagai beriku :
a. Menyusun program kerja/ kegiatan bidang PBB dan BPHTB Dinas Pendapaan Daerah Koa palangka Raya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas.
b. Mengkoordinaskan dan mendistribusikan tugas kepada Kepala Seksi Bidang PBB dan BPHTB sesuai dengan bidang tugas masing-masing agar tugas-tugas dapat dilaksanakan dengan baik.
c. Memberi petunjuk kepada para Kepala Seksi bidang PBB dan BPHTB baik tertulis maupun lisan agar tugas dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
d. Perumusan bahan kebijakan dan petunjuk eknis pengelolaan PBB dan BPHTB.
e. Mengkoordinir pelaksanaan PBB dan BPHTB.
f. Melaksanakan pembinaan, pengawasan, serta pengendaliaaan pengelolaan PBB dan BPHTB.
g. Melaksanakan dan merencanakan secara teknis bidang PBB-P2 dan BPHTB melalui intensifikasi dan ektensifikasi.
h. Mengkoordinasikan penyelesaian Pengajuan keberatan, banding dan keluhan masyarakat terhadap pelaksanaan layanan PBB-P2 dan BPHTB.
i. Mengkoordinsikan pemeliharaan sofwer dan hardwer sebagai sarana penunjang pengelolaan data infomasi PBB-P2 dan BPHTB
j. Mengkoordinaskan kegiatan penetapan dan pelayanan PBB dan BPHTB
k. Mengkoordinaskan kegiaan pengelolaan data dan informasi PBB dan BPHTB
l. Mengkordinasikan dalam ranka penyusunan rumasan dan langkah-langkah penerimaan PBB dan BPHTB
m. Melaksanakan evaluasi dan laporan pelaksanaan pelayanan PBB dan BPHTB
n. Memeriksa dan mengoreksi hasil kerja bawahan sebelum disampaikan kepada atasan.
o. Melaporkan pelaksanaan kegiatan di Lingkungan Bidang PBB dan BPHTB berdasarkan pelaksanaan kegiatan bawahan sebagai bahan masukan pimpinan.
p. Melaksanakan tugas lain yang diberikan pimpinan sesuai bidang tugas.

2.5 Bidang Pembukuan dan Pelaporan
(1) Kepala bidang Pembukuan dan Pelaporan mempunyai tugas Pokok melaksanakan kegiatan pembukuan, pelaporan, monitoring dan evaluasi penerimaan pendapaan daerah, target pendapatan daerah serta melakukan legalisasi , dan pengadministrasian surat-surat berharga.
(2) Uraian tugas pada ayat (1) adalah sebagai berikut :
a. Menyusun program kerja / kegiatan Bidang pembukuan dan Pelaporan dinas Pendapatan Daerah Kota Palangka Raya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas.
b. Mengkoordinasikan dan mengdistribusikan tugas kepada Kepala Seksi di Lingkungan Bidang Pembukuan an Pelaporan sesuai dengan bidang tugas masing-masing agar tugas –tugas dapat dilaksanakan dengan baik.
c. Memberi petunjuk kepada para Kepala Seksi di Lingkungan Bidang pembukuaan dan Pelaporan baik tertulis maupun lisan agar tugas dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
d. Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan pembukuan atas penerimaan pendapaan Asli daerah (PAD)
e. Mengkordinir penyusunan laporan pendapatan daerah, baik bulanan, triwulan, semesteran dan tahunan dan laporan laporan insendentil dalam rangka pengelolaan dan penyajian informasi pendapatan daerah sebagai bahan evaluasi.
f. Mengkoornir penyusunan dan penyampaian laporan tunggakan pengelolaan surat berharga.
g. Melakukan koordinasi secara internal dan maupun eksternal dalam menghimpun data sebagai bahan penyusunan laporan atas semua jenis penerimaan daerah dan piutang daerah.
h. Mengkoordinir pelaksanaan evaluasi terhadap realisasi Pendapatan daerah dalam rangka Penyusunan target APBD dan APBD perubahan.
i. Melakukan monitoring terhadap mekanisme pelaksanaan pemungutan dan realisasi Pendapatan daerah.
j. Melakukan evaluasi terhadap sistem dan mekanisme pelaksanaan penerimaan pajak daerah dalam rangka penyusunan kebijakan dan rancangan peraturan di bidang pendapatan daerah.
k. Memeriksa dan mengoreksi hasil kerja bawahan sebelum disampaikan kepada atasan.
l. Melaporkan pelaksanaan kegiatan di lingkungan Bidang Pembukaan dan pelaporan berdasarkan pelaksanaan kegiatan bawahan sebagai bahan masukan bagi pimpinan.
m. Melaksanakan tugas lain yang diberkan pimpinan sesuai bidang tugas.